Nyali Usaha Mikro

Nyali Usaha Mikro

Sekilas emak yang berhijab merah maron tampak seperti penumpang biasa. Namun begitu mendekati ke arah saya, dia menawarkan.

” Kopi mas, hanya 5000. Nasi bungkus juga ada ?”

Kaget saya mendapat tawaran itu, kok tau saya penggemar kopi he…

Ini adalah salah satu potret usaha mikro kita, diberi aturan apapun, selama aturan tersebut berpotensi mengurangi penghasilan bahkan mematikan usaha mereka ia akan mencari celah supaya bisa tetap jualan.walaupun resiko apapun harus ia terima, namun karena tuntutan hidup ia tidak peduli, bahkan kucing kucingan dengan petugas berani ia lakukan.

Bahkan saya sering menjumpai disebuah pintu masuk tol, ditengah terik panas matahari yang menyengat, emak emak rela menjajakan dagangannya yang hanya kopi dan gorengan kepada para sopir truk tronton yang parkir disana. Berkali-kali sudah dilarang petugas namun masih tetap kembali, sehinggaa petugas mungkin sudah frustasi, akhirnya truk tidak boleh parkir disana dan jalanan tadi dipasangi dengan beton beton besar.

Karena alasan menyambung hidup mereka rela melakukannya. Walaupun mereka sudah tau resiko yang harus dibayar. Tidak hanya resiko terhadap diri mereka sendiri juga mungkin resiko terhadap keberlangsungan usaha mereka.

Nyali X Visi

Kita patut apresiasi terhadap semangat dan nyali mereka dalam mencari nafkah. Toh mereka juga tidak akan mengganggu usaha usaha yang sudah berkembang besar. Dibiarkan pun tanpa ada bantuan dari pemerintah mereka bisa tetap hidup, karena memang sudah tidak ada pilihan pekerjaan lainnya mungkin.

Namun selayaknya ada keberpihakan dan aturan yang membantu mereka biar tetap bisa berjualan dengan penataan yang lebih tertib mungkin, dan tanpa kehilangan potensial pembeli.

Ya belajar dari usaha mikro, nyali saja tidak cukup, perlu visi yang besar dan kuat supaya bisa naik kelas.

Seperti halnya di alun alun Batu, dimana ribuan PKL dan usaha mikro ditata dengan rapi. Mereka bisa tetap berjualan dan menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung yang ingin rekreasi sambil hanya jajan cilok, gorengan, Aksesoris. Sehingga jangan heran sebagian besar PKL sana bisa mempunyai penghasilan bersih hingga diatas 5 juta perbulan !

#ngopipagi
#usahamikro
#pendampingan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *