Kenapa  Perlu  Menemukan Mentor Dalam Bisnis ?

Kenapa Perlu Menemukan Mentor Dalam Bisnis ?

Seringkali ketika bertemu dengan rekan yang akan memulai usaha maupun dalam sesi  pelatihan kewirausahaan seringkali peserta bertanya. Bagaimana kiat mengurangi kegagalan dalam bisnis ?

Tentu saja pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab. Apalagi pelatihan kewirausahaan ini diikuti oleh calon wirausaha atau wirausaha pemula yang baru memulai bisnis, bahkan baru akan memulai sebuah usaha.

Maka salah satu jawaban saya ketika menjawab peserta pelatihan wirausaha tersebut adalah saya sarankan untuk menemukan mentor bisnis.

 Mentor adalah pelaku usaha yang telah berpengalaman dalam bisnis. Artinya dia mengetahui seluk beluk tentang bisnis di bidangnya. Dengan mencari mentor setidaknya kita mendapakan penggalaman  dari bisnis yang sudah dikerjakan oleh mentor. Tentunya untuk wirausaha pemula yang baru mengikuti pelatihan kewirausahaan sangat disarankan untuk segera menemukan mentor bisnisnya.

Dengan meminta saran kepada mentor, resiko kegagalan dalam bisnis bisa diminimalisir. Anda juga akan mendapatkan insight atau ilmu mengenai hal hal yang ada dibalik sebuah bisnis.

Dengan menemukan mentor yang tepat resiko kegagalan dalam bisnis anda akan bisa diminimalisir. Kenapa bisa diminimalisir ? karena pada hakekatnya mentor adalah pelaku usaha tentunya yang sejenis dengan bisnis anda, yang mempunyai pengalaman dalam menggelola bisnis. Dan biasanya ilmu ini adalah ilmu jalanan yang tidak didapatkan dari kuliah atau pendidikan formal.

Ilmu jalanan itu adalah ilmu berdasarkan kepada pengalaman bisnis di lapangan, yang kenyang akan lika liku bisnis yang mungkin tidak diketahui oleh masyarakat umum. Mentor juga bisa mempunyai fungsi sebagai penasehat bisnis anda. Sekaligus sebagai konsultan apabila diperlukan, yang bisa memberikan saran dan pertimbanggan terhadap perkembangan bisnis anda.

Dan bila kita pelajari dengan seksama, para pelaku bisnis yang sukses dia mempunyai seorang mentor dan rutin memberikan advise atau pertimbangan dalam menjalankan sebuah bisnis. Berikut bagaimana kiat untuk menemukan mentor bisnis.

Perluas  Relasi dan Lingkaran Pertemanan

Untuk menemukan mentor bisnis yang tepat. Mau tidak mau anda kudu memperluas jaringan pertemanan. Banyaklah bertemu orang baru. Datangi acara atau seminar seminar bisnis. Ikuti pelatihan wirausaha atau pelatihan bisnis.  Karena disanalah mereka akan berkumpul.

Dengan memperluas pertemanan juga akan membuka wawasan dan cakrawala kita. Serta memberikan motivasi bagi wirausaha pemula untuk menemukan passion dan semangatnya.

Berkumpul di komunitas juga merupakan bentuk bagi wirausaha baru untuk meningkatkan kapasitas diri mereka. Dengan berkumpul di komunitas yang memiliki visi sama, akan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri. Meskipun usahanya masih kecil atau mau merintis sebuah usaha, dengan berkomunitas juga akan banyak yang bersedia untuk saling support dan saling membantu. 

Dengan berkomunitas juga akan bertemu banyak level pebisnis dengan berbagai skala. Kalau mau lebih spesifik ada banyak komunitas untuk sector tertentu yang lebih spesifik. Banyak hal yang akan didapat bila bergabung dalam sebuah komunitas dan aktif disana.  

Bila anda sudah mengetahui para pengusaha atau praktisi bisnis yang bersedia meluangkan waktu untu berbagi atau menjadi mentor bagi para pemula. Maka adab seorang murid adalah mendatangi para guru atau mentor bisnis tersebut. Datangi majlis atau forum forum yang mereka ada di dalamnya. Minta waktu untuk bisa berkenalan dan mengobrol dan bila perlu anda bisa dekati dan mendatanginya untuk menemukan ilmu ilmu bisnis.

Bagi bisnisnya sudah jalan pun kalau mau berkembang, membutuhkan mentor. Apalagi bagi yang sedang memulai usaha, maka peran dan pertimbangan mentor sangat dibutuhkan. Lewat pelatihan pelatihan bisnis maupun pelatihan UMKM pun akan dapat insght yang didapat sebagai jalan menemukan mentor yang tepat. Karena banyak hal hal bisnis itu yang tidak pernah di duga, dan sang mentor dengan pengalaman dan jam terbangnya yang sudah tinggi akan mengetahui dibalik sebuah bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *