Kenapa Perlu Mempunyai Legalitas Usaha ?

Kenapa Perlu Mempunyai Legalitas Usaha ?

Bagi Anda Yang Mempunyai Usaha,  Kenapa Perlu Mempunyai Legalitas Usaha ?

Mungkin Sebagian besar pelaku usaha Ketika ditanya apakah sudah mempunyai legalitas usaha ? Sebagian besar pasti menjawab belum punya. Bahkan Sebagian masih menganggap belum penting mempunyai legalitas usaha, padahal usahanya sudah berjalan betahun tahun. Padahal dengan mempunyai legalitas usaha menandakan usaha kita terdaftar secara hukum dan mendapatkan perlindungan hukum.

Kalau dulu membuat legalitas usaha itu sulit, harus bolak-balik ke kantor instansi Pemerintah dan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. itu pun prosesnya lama dan tidak jelas kapan selesainya legalitas yang kita buat. Dengan adanya inovasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini dengan sistem OSS Atau online single submission maka semua orang bisa mempunyai legalitas usaha dengan mudah atau istilahnya saat ini untuk membuat nomor induk berusaha bisa dilakukan secara online, dan tentunya bisa langsung jadi dan gratis biayanya 

Artinya bagi pelaku usaha tidak ada alasan lagi bahwa untuk mendapatkan legalitas usaha itu sulit dan membutuhkan biaya, hari ini untuk mendapatkan legalitas usaha bagi usaha mikro kecil sudah sangat dipermudah dan tanpa perlu kita harus bolak-balik ke kantor pemerintah ataupun instansi kita bisa mendapatkan nomor induk usaha atau istilahnya legalitas dasar bagi usaha kita secara langsung dengan gratis dan mudah.

 Apa manfaat kita mempunyai nomor induk berusaha?

Dengan mempunyai nomor induk berusaha Menandakan usaha kita diakui secara hukum dan mendapat perlindungan seperti halnya kita mempunyai nomor induk kependudukan atau KTP yang tentunya manfaatnya sangat banyak sekali untuk mengurus kependudukan maka kita mempunyai  nomor induk berusaha akan memudahkan kita untuk mengurus izin izin atau legalitas yang lain sepertihalnya izin edar terutama untuk produk makanan minuman yakni pirt ataupun sertifikasi halal untuk produk kita dan BPOM sekarang semuanya sudah terintegrasi lewat layanan OSS sehingga untuk mengurus izin izin lainnya sarat mutlak harus punya Nomor induk berusaha 

Selanjutnya dengan kita punya legalitas usaha juga maka pelanggan kita akan lebih percaya seperti halnya misalkan kita punya usaha makanan minuman maka pelanggan pasti akan memperhatikan di kemasan kita ada nggak izin dari Depkes ketika kita mempunyai edar pirt dari Depkes maka pelanggan akan lebih yakin hingga otomatis dengan kita punya legalitas usaha maka bisa meningkatkan pemasaran produk kita.

begitupula misalkan kita punya usaha catering ataupun kue untuk menawarkan promosi dan pemasaran kantor-kantor atau Ke instansi pemerintah ataupun ke pabrik pasti akan ditanya legalitasnya ada atau tidak bila kita belum memiliki legalitas usaha akan kesulitan untuk memasarkan produk kita ke tempat tersebut, sehingga dengan kita mempunyai legalitas saat akan meningkatkan penjualan kita.

Begitu pula legalitas usaha menandakan bahwa kita serius mempersiapkan usaha kita agar berkembang, Walaupun mungkin hari ini usaha kita masih sangat kecil atau mikro namun dengan kita mempunyai legalitas usaha kita berpikir kedepan dan punya pola pikir bahwa usaha kita akan besar dan berkembang tentunya dengan menyiapkan legalitas usaha yang tepat.

Sebagai sebuah ilustrasi misalnya kita hari ini punya usaha cemilan kecil misalnya kemudian kita udah siapkan tuh nomor induk berusaha kita dan kita daftarkan merek atau brand dari produk kita maka secara otomatis merk kita akan Terdaftar sehingga merek Kita tidak bisa digunakan oleh produk yang lain.

Bisa kita bayangkan misalkan kita nggak punya izin merek atau istilahnya HAKI Maka ketika usaha kita misalkan berkembang kemudian merek Kita sudah terkenal Tapi karena kita tidak daftarkan sementara ada orang lain yang punya produk Menggunakan merek kita dan didaftarkan kan maka secara hukum kita tidak bisa menggunakan merek kita sendiri yang kita rintis dah otomatis merk yang sudah dikenal oleh orang lain harus kita ganti, maka faktanya bahwa kita sangat rugi karena tidak secara awal kita antisipasi dengan mempunyai legalitas merek. Berapa banyak kerugian yang yang kita alami misalkan usaha kita sudah besar namun tidak bisa menggunakan merek yang sudah Dikenal oleh pelanggan kita.Demikianlah beberapa alasan kenapa kita harus mempunyai legalitas usaha mungkin kalau anda sudah merasa cukup usahanya sudah lumayan tidak perlu punya legalitas usaha namun bagi yang ingin usahanya berkembang meskipun hari ini masih kecil maka legalitas usaha mutlak diperlukan

4 thoughts on “Kenapa Perlu Mempunyai Legalitas Usaha ?

  1. Terimakasih cak Fahmy share ilmunya.sangat manfaat..kami tungguu info² yg lainnya juga..semoga masyarakat makin cerdas dlm berwira.usaha..memajukan UMKM agar semakin naik.kelas…. salam sehat sll…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *