Kenapa ada bisnis yang gagal berkali kali tetap bangkit

Kenapa ada bisnis yang gagal berkali kali tetap bangkit

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Carol S. Dwek selama lebih dari 20 tahun menyimpulkan bahwa ada dua pandangan orang dalam menghadapi kegagalan. pandangan inilah yang menjadi rahasia terbesar dari kesuksesan sesorang dalam bidang apapun ; Bisnis, pendidikan, olah raga politik dan lain-lain.   Bahwa Pandangan yang kita adopsi  untuk diri kita sangat mempengaruhi dari cara  kita didalam mengarahkan kehidupan.

Pertama, pandangan yang mempercayai bahwa kualitas-kualitas pribadi kita sudah ditentukan. Dalam hal ini disebut sebagai mindset tetap.

Kedua, pandangan yang didasarkan kepada kepercayaan bahwa kualitas dasar kita dalah hal yang dapat kita olah dengan upaya-upaya tertentu. Pandangan ini disebut sebagai mindset yang berkembang.  (Carol, Mindset Change Your Live : 2007)

Sesorang yang memulai sebuah usaha, apabila dalam bahasa saya belum bermindset entrepreneur (mindset tetap) dalam memandang kegagalan ia akan senantiasa mengeluh, menyalahkan orang lain, menyalahkan kenapa para pelanggan pada lari semua? Kenapa produk saya tidak diterima pasar? Kenapa saya rugi ? sehingga ia mengambil kesimpulan saya telah gagal, usaha saya rugi, saya seorang pecundang.  Kemudian dia akan kembali kepada menyalahkan keadaan dan merasa tidak cocok menjadi pengusaha.

Sebaliknya ketika ia telah bermindset entrepreneur (mindset berkembang), sewaktu ia memulai usaha kemudian ia mengalami kegagalan,  ia akan mengatakan, saya harus bekerja lebih cerdas, produk saya harus lebih baik, lebih murah agar dapat bersaing, saya harus bekerja lebih keras agar usaha saya berhasil, saya akan cari mentor supaya kedepan saya dapat mengantisasi kerugiaan.

jarinya, akan lebih menyalahkan dirinya sendiri sebelum menyalahkan orang lain. Ia akan terus untuk mencari penyebab kesahalahn dan bangkit kembali menyongsong keadaan. Karena baginya kerugian ataupun kegagalan adalah bagian dari proses bisnis yang harus dilewati.

Ketika kita memahami menjadi pengusaha adalah karena mindset kita yang benar-benar total—bahasa saya menjadi pengusaha sebagai pilihan hidup—maka apapun penghalang anda dalam memulai usaha itu adalah sebagai cobaan. Ketika kita rugi ataupun ditipu orang pun. Itu adalah bumbu-bumbu di dalam menjalankan usaha. Bahkan dalam ungkapannya Dahlan Iskan, kalau anda belum pernah di tipu orang berarti belum menjadi pengusaha yang sukses.

Bagaimana dengan anda ?

4 thoughts on “Kenapa ada bisnis yang gagal berkali kali tetap bangkit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *