Apakah dengan bertumbuhnya bisnis Anda berarti perlu membeli software tambahan?

Apakah dengan bertumbuhnya bisnis Anda berarti perlu membeli software tambahan?

Ketika seorang entrepreneur memulai bisnisnya, satu-satunya tujuan yang ingin dicapai adalah cara yang paling efektif untuk bisa mengembangkan bisnis mereka. Bisnis yang berkembang tentu saja menjadi salah satu tanda yang baik. Perusahaan yang ingin mengembangkan unit usahanya biasanya akan meningkatkan jumlah penjualan dan menguatkan posisinya saat ini di pasaran. Namun, tidak ada definisi yang pasti untuk menjelaskan kata bisnis yang berkembang. Sejatinya bisnis yang berkembang adalah ketika mampu megembangkan bisnis mereka dalam satu atau beberapa cara. Dengan demikian tidak bisa menggunakan satu matriks untuk mengukur perkembangan bisnis. Sebaliknya, ada beberapa poin yang bisa dijadikan tolak ukur terhadap perkembangan sebuah perusahaan, seperti:

  • Pendapatan
  • Penjualan
  • Valuasi perusahaan
  • Keuntungan
  • Jumlah pegawai
  • Jumlah pelanggan

Perusahaan sangat mungkin untuk mengalami perkembangan pada satu matriks namun terhambat di matriks lainnya. Misalnya, sangat mungkin suatu perusahaan memiliki kenaikan jumlah pendapatan tanpa ada penambahan jumlah pelanggan, sebab pelanggan membeli lebih banyak saat itu. Bahkan sangat mungkin juga ketika satu metrics justru bekerja secara bertolak belakang terhadap satu perusahaan, sebagai contoh jika pertumbuhan penjualan disebabkan oleh penurunan harga produk, maka pendapatan keseluruhan bisnis masih bisa turun. Dengan demikian, mendefinisikan pertumbuhan untuk bisnis dapat menjadi satu hal yang sulit. Jika seorang entrepreneur ingin mencari cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka, harus melihat apa yang menjadi tujuan dari bisnis mereka untuk bisa mendefinisikan matriks yang penting dan sesuai dengan apa yang hendak dicapai.

Untuk beberapa perusahaan rintisan (start-ups), umumnya mereka akan melakukan segala cara untuk bisa meningkatkan jumlah total pelanggan mereka, biasanya dengan mengeluarkan sejumlah uang sebagai biaya promosi di fase awal. Namun, beberapa bisnis lainnya melakukan dengan cara sebaliknya yaitu dengan perlahan-lahan meningkatkan jumlah pendapatan dan penjualan mereka untuk memastikan berapapun uang yang masuk dapat menutup biasa operasional yang dibutuhkan.

Bagaimana sebuah software dapat mengatasi kompleksitas seiring dengan perkembangan bisnis Anda

Seiring dengan perkembangan bisnis, maka kompleksitas proses pun akan cenderung meningkat. Semakin besar angka pertumbuhan bisnis Anda, otomatis Anda pun akan mulai untuk mencari tahu lebih banyak mengenai informasi bisnis yang dibutuhkan seperti produk yang menguntungkan, produk yang cepat habis di gudang, depresiasi nilai stok yang tersimpan di gudang, area atau bagian yang perlu dioptimalkan dari sisi biaya, dan lain sebagainya. Ketika software akuntansi mampu mengefisiensi dan mengautomasi proses bisnis, angka dan pencatatan keuangan perusahaan yang akurat, penurunan biaya, peningkatan produktivitas, dan kepatuhan pajak, semua ini harus dapat terpenuhi begitu pula dari sisi peraturan pemerintah yang harus dipastikan ketepatannya.

Software akuntansi harus memiliki kemampuan untuk membawa perspektif baru bagi pemilik bisnis dalam menjalankan bisnisnya dan mengelola akun mereka. Sangat penting untuk mengetahui bahwa software yang Anda pilih, dapat berkembang sejalan dengan bisnis Anda dan meningkatkan prediksi bisnis melalui visualisasi beragam skenario bisnis dan menganalisa laporan sementara untuk perencanaan keuangan yang sehat. Seringkali beberapa bisnis memilih untuk menggunakan beragam software agar bisa mengakomodasi kebutuhan yang dirasa mendesak seiring dengan berkembangnya suatu bisnis. Namun, tanpa disadari, tambahan-tambahan software ini akan berakibat pada membengkaknya biaya operasional perusahaan. Hal ini bisa diatasi dengan mudah jika memilih software bisnis yang terintegrasi sehingga tidak hanya menyederhanakan proses bisnis Anda, tetapi juga fleksibel untuk kebutuhan sekarang dan di masa depan. Pastikan bahwa terlepas dari adanya perubahan, baik itu undang-undang atau teknologi, software bisnis yang Anda gunakan selalu memberikan pembaruan terbaru.

Aspek lainnya yang juga seringkali dihubungkan dengan pertumbuhan bisnis adalah penambahan jumlah orang untuk bisa mengelola operasional bisnis, mendelegasikan tanggung jawab, mengelola penggajian mereka, dan lain sebagainya. Kondisi ini adalah sebuah keadaan yang memungkinkan terjadinya peningkatan jumlah pengguna untuk mengoperasikan perangkat lunak, manajemen akses pengguna dan penggajian. Untuk mampu mengatasi kendala ini, beberapa pemilik bisnis umumnya memadukan beragam jenis software untuk digunakan bersamaan, yang lagi-lagi menyebabkan tambahan biaya untuk perusahaan. Kondisi ini dapat menyulitkan untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan benar-benar akurat, aman, dan mampu saling bersinergi dengan beragam fungsi tersebut secara efektif. Dengan skenario demikian, sebaiknya pilihlah software akuntansi yang dapat mengintegrasikan semua fungsi dengan mudah dan menyediakan informasi yang lengkap sehingga dapat membantu Anda dan tim Anda untuk dapat membuat keputusan tepat waktu.

Bagaimana lisensi permanen dapat membantu Anda memberikan solusi untuk mengurangi biaya tambahan

Dengan adanya tujuan untuk mengembangkan bisnis yang tidak dapat dihindari, melakukan investasi dalam lisensi permanen dianggap sebagai sebuah keputusan yang cerdas. Selain tergantung pada model bisnis yang digunakan, lisensi permanen dapat membantu Anda untuk memahami kebutuhan organisasi Anda dengan lebih baik. Lisensi permanen adalah model ‘tradisional’ yang digunakan untuk membeli software. Anda cukup membayar sekali di depan untuk lisensi software Anda, dan Anda dapat menggunakannya seumur hidup. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh lisensi permanen antara lain:

  • Satu kali pembayaran untuk penggunaan seumur hidup
  • Tanpa biaya tambahan untuk setiap penambahan pengguna dalam organisasi Anda
  • Kemudahan untuk mengakses semua fitur/modul yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis secara efisien, termasuk yang Anda butuhkan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda – tanpa harus membayar untuk setiap modul yang digunakan
  • Kemudahan untuk mengelola beragam produk software bisnis
  • Memiliki kemampuan offline: tidak seperti lisensi berlangganan yang membutuhkan software untuk mengecek validitas lisensi secara berkelanjutan, lisensi permanen dapat diaktifkan secara offline dengan menggunakan dongles.
  • Kemudahan transfer: Lisensi permanen biasanya lebih mudah untuk ditransfer di antara sesama pengguna karena lisensi ini umumnya lisensi permanen dimiliki oleh organisasi bukan individual.

Kemampuan TallyPrime memastikan bahwa Anda menjalankan bisnis Anda dengan cara yang paling efektif terlepas dari skala bisnis Anda. Coba sekarang juga dan rasakan akurasi, kesederhanaan, fleksibilitas, dan keamanan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *